Kombinasi ekstrak teh hijau dan olahraga mengurangi keparahan penyakit perlemakan hati terkait obesitas hingga 75 persen. Namun, perlu uji klinis untuk memastikan besarnya manfaat kesehatan dari teh hijau.

Mitos atau Fakta?

Kombinasi ekstrak teh hijau dan olahraga terbukti mengurangi keparahan penyakit perlemakan hati terkait obesitas hingga 75 persen. Temuan ini memberi peluang pemanfaatan teh hijau untuk membantu mengatasi dampak buruk obesitas yang telah menjadi persoalan global.

Sekilas Tentang Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan seperti polifenol, fluoride, Vitamin C & K, Kalium, Kalsium, natrium, flour, seng dan mangan. Karena itu banyak sekali manfaat dari teh hijau ini. Teh Hijau dikenal sebagai teh pelangsing. Namun teh hijau juga memiliki manfaat lain untuk menjada kesehatan.

Pendapat Joshua Lambert

Menurut Joshua, Ahli pangan dari Pennysvania State Universiy dan tim di Journal of Nutritional Biochemistry, pada 14 Februari 2020.

Penyakit perlemakan hati atau fatty liver saat ini menjadi masalah kesehatan global yang signifikan dan diperkirakan memburuk. Karena tingginya prevalensi faktor risiko seperti obesitas atau kegemukan dan diabetes tipe 2, penyakit perlemakan hati diperkirakan menimpa lebih dari 100 juta orang pada tahun 2030. Saat ini tidak ada terapi yang valid untuk penyakit ini. Ini yang mendorong Lambert melakukan studinya.

Teh Hijau dan Olahraga Bisa Mengurangi Perlemakan Hati / Foto: Freepik

Dalam studi tersebut, para peneliti bereksperimen memberikan tikus diet tinggi lemak selama 16 minggu. Sebagian tikus yang diberi ekstrak teh hijau dan berolahraga secara teratur dengan roda memiliki hanya seperempat dari simpanan lemak dalam organ hati mereka dibandingkan yang lain. Sementara , tikus yang hanya diobati dengan ekstrak teh hijau saja atau hanya berolahraga memiliki sekitar setengah lebih banyak lemak dalam organ hati mereka.

Selain menganalisis jaringan hati tikus, para peneliti mengukur kandungan protein dan lemak dalam kotoran mereka. Mereka menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga memiliki kadar lemak dan protein tinja lebih tinggi.

“Dengan memeriksa hati tikus-tikus ini setelah riset berakhir dan dengan menyaring kotoran mereka selama penelitian, kami melihat bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga telah memproses nutrisi di tubuh secara berbeda,” kata Lambert, dalam keterangan tertulis.

Tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga memiliki kadar lemak dan protein tinja lebih tinggi.

Teh Hijau dan Olahraga Bisa Mengurangi Perlemakan Hati / Foto: Freepik

Ekspresi gen

“Kami mengukur ekspresi gen yang kami tahu terkait dengan metabolisme energi dan memainkan peran penting dalam pemanfaatan energi,” kata Lambert. “Pada tikus yang mendapat pengobatan kombinasi, kami melihat peningkatan ekspresi gen yang tidak ada sebelum mereka mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga,” katanya.

Hasil penelitian ini meneguhkan manfaat teh hijau bagi kesehatan. Sebelumnya, kajian dari Sabu M Chacko dari NPO International Laboratory of Biochemistry, Jepang di jurnal Chinese Medicine (2020) menyebutkan, teh hijau dapat bermanfaat untuk berbagai macam penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit hati.

Banyak dari manfaat teh hijau ini terkait dengan katekinnya, khususnya kandungan epigallocatechin-3-gallate. Ada bukti dari penelitian in vitro dan perlakukan pada hewan tentang mekanisme yang mendasari katekin teh hijau dan tindakan biologis mereka. Ada juga riset terhadap manusia tentang penggunaan katekin teh hijau untuk mengobati sindrom metabolik, seperti obesitas, diabetes tipe II, dan faktor risiko kardiovaskular.

Namun bukti klinis manfaat teh hijau pada manusia masih terbatas, sehingga riset di masa depan diperlukan. Itu bertujuan untuk menentukan besarnya manfaat kesehatan yang sebenarnya, terutama menetapkan kisaran aman konsumsi teh yang terkait manfaat ini, dan menjelaskan mekanisme tindakan.

Sumber: https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/02/17/teh-hijau-dan-olahraga-bantu-kurangi-perlemakan-hati/?utm_source=external_kompascom&utm_medium=berita_terkini&utm_campaign=kompascom